3 Jan 2010

MAHAMERU 3676mdpl (23-28des09)

“Mendaki melintas bukit ..
Berjalan letih menahan menahan berat beban ..
Bertahan didalam dingin ..
Berselimut kabut `Ranu Kumbolo’ ..”

Berawal dari keinginan untuk berdiri di atas tanah tertinggi di P.jawa Puncak mahameru Gn. Semeru. Desember ini waktu yang tepat untuk berkunjung kesana walau di Tv ku lihat adanya pengumuman bahwa Mahameru di larang untuk di daki karena cuaca tidak memungkinkan.

Libur penghujung tahun telah tiba .. ku mencari teman2 tuk menemaniku berkunjung ke mahameru. Ku kirim sebuah pesan di milis natrek dan kebetulan mas erry dan kawan2 mempunyai tujuan yang sama.

Kereta eksekutif mataremaja jurusan Ps.senen-malang dengan tarif Rp51.000,- mengantarkan kami sampai ke kota malang kemudian naik angkot ke pasar tumpang Rp11.000,- dan dilanjutkan ke Pos Ranupane by Jeep Rp30.000,-. Pada awalnya aku gak kenal sama sekali dengan tim ekspedisi ini namun perjalanan yang panjang ini menyatukan hati untuk berbagi menjadi suatu hubungan persahabatan.

Ranupane desa terakhir sebagai titik awal pendakian, sore itu 24 des 09 16:30 wit hujan gerimis selalu menyertai perjalanan kami menuju Ranu kumbolo. Setapak demi setapak kaki melangkah menembus ilalang yang dibasahi air hujan. Hingga malam tlah tiba.. head lamp bersinar menerangi jalan setapak yang basah dan licin di depanku, jalan setapak ini sempit kawan di kiri kita ada jurang dalam be carefull ok. Pos 1, 2, 3,4 Alhamdulillah kita sudah sampai di Ranu kumbolo 22:30wit.

“Menatap jalan setapak ..
Bertanya-tanya sampai kapankah berakhir ..
Mereguk nikmat coklat susu ..
Menjalin persahabatan dalam hangatnya tenda ..
Bersama sahabat mencari damai ..
Mengasah pribadi mengukir cinta ..”

Penasaran sekali dengan indahnya ranukumbolo …. Buka tenda kawan kemudian masak2 hmmm… inilah moment yang kita tunggu2. Masak, makan sambil bercerita mengakrabkan diri di pinggir danau ranukumbulo. Cerita2 lucu menghangatkan suasana dengan tawa kecil menghiasi wajah2 yang lelah.

Hingga malam larut dalam dekapan kabut Ranukumbolo .. berharap pagi ini cerah dan menikmati keindahan ranu kumbolo.

Alarm berbunyi pukul 05.00wit pagi….. Subhanallah indahnya tempat ini.

Hmm sarapan pagi sambil menikmati kopi hangat di ranu kumbolo …

Matahari mulai meninggi kawan saatnya kita melanjutkan perjalanan ke pos kali mati. Sebagai titik awal Summit attack mahameru. 11:00wit berangkat melewati oro-oro ombo, jambangan, sumber mani hingga sampai pos kalimati 02:30wit. Jalannya tak begitu nanjak namun pemandangannya indah banget padang ilalang, savana, cemara, hingga taman bunga. Huuh bikin kangen.

Disini terlihat betapa besarnya kubah mahameru menjulang keatas.. waaaw takjub. Sesekali kabut tebal dan hujan dating menghiasi kehidupan di pos kalimati. Saatnya buka tenda dan santap sore kawan.

Waktu terus berjalan terasa cepat skali, hari ini udah mulai sore lagi. Saatnya rehat karena nanti tengah malam kita harus bangun untuk summit attack mahameru. Alarmnya disetting jam 12 malam kawan!!

Sayup2 terdengar agak ramai di luar sana.. ternyata tetangga udah pada bangun dan siap2 tracking ke puncak. Sambil meneriakkan sebuah yell singkat untuk memompa semangat “ mahameruu yo.. “

Ayo bangun kawan2… Semangat…. 01:00wit Kmudian kita menuju pos Arcopodo batas vegetasi ke puncak Gn. Semeru. 02:30wit (Arcopodo) Dari sini terlihat lampu senter ber iring2an sampai di atas sana.. waaw tampak tinggiiii skali. Setapak demi setapak kaki melangkah menyusuri jalan pasir yang terjal, dahsyaaat (pikirku) seakan jalan ini tak berujung, pasir yang terjal membuat langkah2 ini tertatih dan terpeleset hingga tak terasa kuhabiskan waktu kurang lebih 2,5 jam untuk mendaki kubah mahameru hingga sampai ke puncak.

Semburat merah kulihat di lereng sebelah kiri, dibawah terjal kulihat para pendaki berusaha berjalan dengan hati2 ber latar belakang awan putih luas yang menutupi dataran dibawah kubah mehameru. Siluet batu2 di lereng bagai gerigi yang berjejer kebawah. Asap kawah jonggring sesekali mengepul putih kecoklatan. Pagi ini kulihat sudah pukul 05:00wit


“Mahameru berikan damainya ..
Didalam beku `Arcapada` ..
Mahameru sebuah legenda tersisa ..
Puncak abadi para dewa ..

Masihkah terbersit asa ..
Anak cucuku mencumbui pasirnya ..
Disana nyalimu teruji ..
Oleh ganas cengkraman hutan rimba ..
Bersama sahabat mencari damai ..
Mengasah pribadi mengukir cinta..”

Allahu akhbar … Subhanallah .. Alhamdulillah .. Sujud syukur atas anugrah yang telah Allah berikan kepadaku, hingga di ijinkan untuk berdiri di tanah tertinggi di P.Jawa ini.

Dari sini terlihat kawasan gn. Bromo, Gn arjuno welirang, Gn Argopuro dsb.. Puncak berkabut tipis yang berlahan memudar seiring terbitnya sang mentari pagi, sebuah tiang besi di tengah puncak berpasir dan berbatu menandakan titik tertinggi dengan atribut bendera kebangsaan sang merah putih berkibar melambai seiring angin berhembus dan Seonggok sebuah memorium aktivis dan juga pendaki yang terkenal Soe hok Gie yang meninggal 40 tahun lalu menjadi bagian objek lensa2 foto yang ingin mengabadikannya.

Kawah jonggring menimbulkan tanda Tanya, memendam material vulkanik yang setiap saat bisa meledak dahsyat, inilah yang dikhawatirkan oleh banyak morang di kawasan tengger. Sejak setahun silam Kawah jonggring tidak meletup secara berkala seperti biasanya, kini hanya banyak diam walau kadang menyemburkan asap putih saja.

Pihak TNGP hanya mengijinkan mendaki hanya sampai di pos kalimati, namun Alhamdulillah cuaca saat itu cerah hingga kami memberanikan diri tuk tetap muncak, dan semua tim berhasil berdiri di puncaknya.

“Mahameru sampaikan sejuk embun hati ..
Mahameru basahi jiwaku yang kering ..
Mahameru sadarkan angkuhnya manusia ..”


12 komentar:

  1. heheheh saya salah satu temen satu tim penulis waktu pendakian ke semeru kemaren... ya kita memang satu sama lain tidak saling kenal pada awalnya.. tapi lamat2 kita jadi akrab.. hahahaha... thanks ya ded atas tulisannya semoga bisa jadi pengingat dan nanti kl ada pendakian lagi mohon kabari aku yaa.... terima kasih..

    BalasHapus
  2. - erikson : thanks ya son. insyaallah smoga saja bisa jalan bareng lagi.

    BalasHapus
  3. wow keren2 pic nya......
    kapan yah bisa kesana?

    BalasHapus
  4. semoga alam yang indah itu tetap terjaga kelestariannya.

    BalasHapus
  5. - narti : asal ada niat insyaallah ada jalan. bila ada kesempatan luangkan waktumu tuk berbagi dengan alam.
    - sda : yup smoga masing2 diri kita sadar akan kelestarian alam indonesia yang indah ini

    BalasHapus
  6. hadir...nama ku ada di paragraf 1

    BalasHapus
  7. - erry : iya mas erry, beruntung mail yg aku kirim di milis sampeyan tanggapi jd kita bs jalan bareng :-p. maturnuwun

    BalasHapus
  8. mahameru.....waaaaaa pengen2,,,kapan yaaaa

    BalasHapus
  9. hehe.. ayo nova jalan2 ke semeru, rasakan sensasi berdiri di tanah tertinggi di p.jawa :-).

    BalasHapus
  10. ne gunung meski gw dah enam kali kesana bikin kangen selalu.....pa lgi sekarang 8 th lamanya gak berkunjung kesana huaaaah....kayak apa yah sekarang..

    BalasHapus
  11. Subhanallah
    iri banget bacanya
    mampir ke blog aku yah mas
    di http://ziahmuharam.blogspot.com
    mari berkawan >,<

    BalasHapus

TiNgGalKaN JEJAKmu dIsiNi soBaT ...

Kajian.Net
Koleksi Ceramah Islam MP3