20 Agt 2009

Papandayan 15-16 agt 09


Dari rencana mau isi liburan 17 agustus di gn.ciremai gagal karena jatah libur berkurang untuk upacara bendera di kantor dan mengalihkan tujuan ke papandayan. Jumat malam jam 10 di terminal kampung rambutan ku menunggu teman2 kumpul, nyamuk2 mulai datang menyerang kakiku yang hanya memakai celana pendek rei, sendal akasaka, kaos oblong the nort face hitam dan daypack 30 liter Consina yang bercaver bag flamingo hijau kelam dengan menenteng tenda coleman ¾ org ber cover tend lafuma kuning. Janjian kumpul jam 10 tapi sudah lebih 1 jam taidak muncul2 juga. Sesekali kelompok2 pendaki masuk terminal untuk mencari bis sesuai tujuan pendakian masing2. Ku coba telfon tuk mengecek sudah sampai manakah gerangan? “ halo… sudah sampai mana nih” – “ aku dah masuk terminal nih..” – oke langsung masuk aja.

Dah jam setengah 12 malam, sambil mencari bis jurusan garut. Alhamdulillah masih ada yang terakhir brangkat jam 12. Kebetulan ada kelompok pendaki yang mau ke cikuray, ya udah bareng aja kita sama2 ke terminal garut. Bis AC ekonomi Selayu dengan tarif biasa 35 ribu, jadi kita dari Jakarta yang mo ke papandayan 5 orang dan yang ke cikuray 4 orang. Nanti ketemuan lagi sama teman dari bandung 2 orang di terminal garut jadi Tim kita berjumlah 7 person ke papandayan.

Bus mulai jalan tapi penumpang masih sedikit jadi ngetem lagi deh di depan terminal sampai ku lelap tertidur yang sebelumnya kita sempat ngobrol tentang pengalaman pendakian. Jam 1 pagi bis mulai melaju ke arah garut dan sampailah kita di sana jam 5 pagi. Dari terminal menyeberang jalan dan kemudian sholat subuh dan istirahat sambil menunggu teman dari bandung. Ternyata disana ada beberapa kelompok pendaki yang tidur di depan masjid ya mungkin datangnya terlalu malam. Tapi kebanyakan mereka akan mendaki gunung cikuray.

Menungu dan menunggu lagi, beli sarapan nasi uduk. Sampai akhirnya mereka datang juga. Ok bro jangan tunggu lama2 keburu siang nih. Calo angkot mulai menawarkan jasa angkot, ongkos dari terminal garut sampai di cisurupan Rp 45rb untuk 7 orng. Setelah itu nyambung pake mobil bak setalah tawar menawar diperoleh kesepakatan Rp 55 rb untuk 7 orng dari cisurupan ke kawah papandayan.

Sampai parkiran jam 12 siang dan mulai perjalanan hingga sampai di camp ground pondok salada jam 15. Perjalanan siang hari ni panas banget euy, muka ampe gosong yang item jadi tambah geseng. Ternyata ramai juga camp di pondok salada udah rame ada beberapa kelompok tenda yang tersebar di area ini. Oke bro kita dirikan tenda dan masak2 sambil memandang bukit putih dan asap yang selalu mengepul dari kawah dan menikmati kedamaian alam ini bersama sahabat.

Camp pondok salada

mirip pangrango

gn. cikuray mengintip

more picture


Semakin sore semakin tambah dingin euy tapi suasana jadi tambah hangat kerena canda tawa. Sambil menyusun rencana untuk besok pagi, rencana kita akan muncak dan berkunjung ke tegal alun dibawah puncak papandayan. Sinar mentari mulai menghilang berganti gelap dan bintang-bintang yang bersinar. Hembusan udara dingin makin terasa menembus sampai pori2 kulit, bercanda tawa sejenak melupakan pekerjaan rutin yang membosankan dan mengasingkan diri dari deru mesin2 di jalanan. Hingga mata ini sudah mulai berat untuk tetap terjaga, dan memaksa tubuh ini tuk masuk ke kantung tidur.

Pagi datang, semburat sinar merah menyinari langit yang masih gelap. Berlahan mulai terang dan terlihat sang mentari menghangatkan bumi. Kita mulai tracking ke puncak papandayan bro.. (hehe.. penasaran seperti apa sih puncaknya dan seperti apa tegal alun itu). Tracking lewat jalur berbatu yang terjal mengikuti aliran sungai yang kering. Mengikuti jalan setapak hingga menemukan titik trtinggi. Ya itulah puncaknya (tidak begitu njelas juga sih puncaknya karena kanan kiri banyak rimbunan pohon) kemudian ke arah kiri dan turun sedikit kita menemukan tegal alun. Tempat ini mirip sekali dengan Surya kencana di gunung Gede. Lapangan luas dan berpasir banyak terdapat pohon edelweis di pinggir2 dekat rimbunan pohon hijau. Hmm.. sungguh indah sedikit terobati rinduku akan surya kencana gede pangrango. Siang ini kita harus segera pulang sob.. takut kemalaman gak dapet bis ke Jakarta. Karena besok pagi aku harus ke pabrik upacara bendera.

Jam 1 siang kita mulai turun ke parkiran dan mencari transportasi ke bawah. Dan disambung ke terminal Garut sampai di terminal jam 16.45. kita mandi2 dan bersih2 dulu di sini kemudian cari makan dan nyari bis ke Jakarta. Jam 18.30 berangkat dari terminal garut sampai di Kampung rambutan jam 23.00. 1 teman mencari angkot ke lebak bulus dan 2 teman nyari bis ke tangerang. Tapi mereka kurang beruntung semua nggak ada. Dah sob nginep di rumahku aja di cibubur besok baru balik ke rumah. Hahaha malam ini camping pindah di rumahku ber 4 dan semua terkapar di atas karpet hingga pagi menjelang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TiNgGalKaN JEJAKmu dIsiNi soBaT ...

Kajian.Net
Koleksi Ceramah Islam MP3