7 Mar 2010

Gn. Slamet via Guci (26-27feb10)

Kamis 25 Februari 2010 dalam kebimbangan diantara 2 pilihan ke jogja atau mengikuti ajakan teman tuk mendaki gn Slamet via Guci. Dan akhirnya sore itu aku putuskan untuk mengikuti ajakan teman tuk pergi ke Gn Slamet, sore itu pukul 16.00 bel pulang kerja berbunyi dan langsung saja ku tancap gas honda grand bututku tuk pulang ke cibubur dan segera packing2. Janjian di terminal Kp.Rambutan jam 19.30, hehe dasar jam karet hingga molor sampe jam 21.00 kita berkumpul. Dedy, Erry, Danang, Fajar dan satu lagi Yudha.

Udah lengkap ni, kita cari bus jur Tegal. Tapi ternyata kita udah kemalaman hingga akhirnya terjebak oleh ulah para calo yang menawarkan bis dengan pemaksaan sekaligus penipuan. Sempat beralih tujuan ke Ciremai dengan bis jur Cirebon tapi si danang sepertinya kurang setuju karena gak mau mengulangi pendakian ke ciremai via linggar jati yang konon katanya trackingnya paling curam.

Ya udah kita cari bus seadanya yang ke arah Tegal, pukul 24.00 akhirnya kita meninggalkan Kp. Rambutan menuju terminal tegal dengan tarif lebih mahal 60 rb ,2x lipat dari harga normal. Bus agmelaju dengan cepatnya dengan gaya drag race sang sopir membanting setir kanan dan kiri dan sesekali mengerem mendadak hingga aku yang duduk di bangku paling belakang hampir terjungkal kedepan. Dasar sopir gila..(dlm benakku). Pagi yang cerah Pukul 07.30 sampailah kita di terminal Tegal.

Jumat 26Februari 2010,Dari terminal tegal Perjalanan kita lanjutkan dengan bis Jur Tegal-Purwokerto turun di pertigaan Yomani yaitu pertigaan menuju ke Guci dengan tarif 7 rb. Pukul 08.15 sampailah kita di Yomani, mencari makan dan packing2 belanja perbekalan yang belum lengkap. Perjalanan dilanjutkan dengan naik bus ¾ menuju Tuwel dg trif 7 rb, ganti lagi dengan naik mobil bak menuju guci dengan tarif 10 rb sekalian dengan tiket masuk ke tempat pariwisata pemandian air panas guci.

Pukul 10.30 sampailah kita di guci tempat titik awal pendakian, Jalur pendakian gn Slamet via guci ini sebenarnya belum diresmikan hingga tidak ada tempat base camp atau pos pendaftaran mendaki. Kami pun agak kesulitan untuk mencari informasi jalur pendakian meningat tidak ada salah satu pun dari kami tentang jalur guci ini, dah akhirnya hanya modal nekat saja( hehe.. dasar dagelan mataram).

Sempat kesasar 2 kali dan membuang waktu kurang lebih 2-3 jamdengan sia2 hingga kami menemukan jalur pendakian yang sebenarnya. Karena banyaknya jalan bercabang di sekitar perkebunan karet tidak lupa sang hujan pun kadang menemani perjalanan kami. Dari Guci sampai pos I jalan berbatu dan jarak tempuh sekitar 1.5 jam. Dari pos I ke pos II jalur mulai rimbun dengan semak2 yang tinggi dengan jarak tempuh sekitar 2.5 jam. Dari pos II ke pos III jar melewati semak2 yang rapat sampai2 lampu senter head lamp tidak bisa menembus tanah dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. Dari pos III sampai pos IV inilah jarak tempuh yang terpanjang dengan jalan yang menanjak seolah tanpa bonus dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Pukul 21.00 akhirnya kita putuskan untuk ngecamp di pos IV melihat kondisi fisik yang sudah loyo alias ngatuk berat. Masak masak trus tidur dengan lelap. Walau sebagian peralatan pada basah karena kehujanan selama di perjalanan.


Sabtu, 27 Februari 2010. Pagiii...Alhamdulillah pagi ini cerah. Setelah makan2 dan minum kopi hangat 08.00 Dari pos IV kita lanjutkan perjalanan menuju pos V dengan meninggalkan camp di pos IV. Perjalanan ke pos V sekitar 1/2 jam dan dilanjutkan ke plawangan batas vegetasi pukul 09.15. Plawangan ke puncak jalurnya sangat terjal dan terpanjang dibandingkan dengan jalur yang lain.
Kabut berlahan mulai menyapa, seiring terik matahari yang menyengat kami terus berjalan dengan langkah yang terseyok berlahan tapi pasti, 50 m dari puncak jalur berubah menjadi pasir2 seperti layaknya mahameru menambah berat perjalanan ke puncak ini. Pukul 11.00 sampailah kami di puncak bibir kawah gn. Slamet via guci.


2 komentar:

  1. gan, klo lewat guci pake ijin ga?
    thanxs sbelumnya
    "Bekasi"

    BalasHapus
  2. kalo lewat guci terjal ngga jalurnya ggann??

    BalasHapus

TiNgGalKaN JEJAKmu dIsiNi soBaT ...

Kajian.Net
Koleksi Ceramah Islam MP3