28 Jul 2009

Ke Jogja (Part 1)

Waktu menunjukkan jam setengah lima sore, hari jumat 24 juli 2009. Bel waktu pulang kerja berbunyi tak mau membuang waktu lama trus sholat ashar dan langsung ke Stasiun pasar senen aku titipkan motor di pabrik. Naik busway dari pulogadung sampai pasar senen pas banget azan magrib berkumandang mampir sholat dulu di masjid. Seperti biasa kali ini aku naik kereta eksekutip “progo” hehe.. kereta favorit kelas menengah ke bawah. Dalam kesendirian menunggu kereta berangkat pukul 21.00 wib. Wah lega sekali gerbong ni sepi PW banget dah, eh tak taunya setelah penumpang pada berebut masuk ternyata aku salah gerbong … wkwkwk padahal dah enak tidur2an. Thanks ndah dah nemenin smsan selama perjalanan.

Jogja aku datang jam 07.15 sampai di stasiun lempuyangan, adik ku jemput tepat waktu jadi langsung aja meluncur ke kosan adikku di karangmalang kompleks kampus UNY. OK kita atur planning. Ada tiga tujuan aku ke jogja kali ini

1. Ngurus cek fisik motor roda dua milik adikku di jogja, karena besok dah mo ganti plat nomor dan pajak di Jakarta.

2. Silaturahmi ke tempat Nenek

3. Sabtu malam tracking ke Gn,merapi.

Detik jam terus berputar hingga waktu menunjukkan 08.30 setelah mandi dan minum secangkir teh hangat kita mulai menjalankan plan pertama yaitu menuju Samsat DIY, setelah sampai ditempatnya…

Adik : “Pak mau Tanya, kalo mau cek fisik kendaraan bagaimana caranya ya pak??”

Pak Pol : “Mau perpanjang atau gimana?”

Saya : “Begini pak motor inikan plat Jakarta dan mau ganti plat baru jadi harus cek fisik.”

Pak Pol : “ Oh ya itu silahkan diurus di bagian bantuan cek fisik di sebelah sana (sambil menunjuk tempat tersebut)

Saya : “ Oke Pak, maturnuwun.”

Kudatangi tempat itu disana udah antri banyak banget bro… di bagian depan lokasi itu tertulis “BANTUAN CEK FISIK, TIDAK DIPUNGUT BIAYA”. Wah seneng banget gak usah ngeluarin kocek nih dan persyaratannya pun mudah cuma bawa STNK sama BPKB asli. Setelah ngantri akhirnya ada panggilan B 3844 PK nah itu dia saatnya nggesek nomor rangka dan nomor mesin (ni motor pertama gue waktu skolah sma kelas 3 di klaten warisan babe yang sekarang di pake adik ku di jogja) sebelum nggesek nomer petugasnya berbisik..

Petugas : “wah ni motor Jakarta ya, upah nggesek nomor 20 ribu ya.”

Saya : (dalam hati “whaaat padahal di situ sudah terpampang di papan bahwa tidak di pungut biaya”)

walau di hati menggerutu tapi ya udah akhirnya aku kasih tuh 20 rb. Disini jelas2 ada pelanggaran hahaha.. katanya sih mo berantas KKN mana bisa..!!! memang urusan ama polisi tu adanya cuma duit dan duit. Jadi apa arti slogan “Kami siap melayani dan melindungi masyarakat” mungkin slogan tu kurang “ jika ada imbalannya” hehehe piss ya pak Pol.

Plan pertama sudah usai jam menunjukkan pukul 09.45. ok bro kita kemana nih. Adik ngajak sarapan makan soto di Jl.Taman siswa tu tempatnya rame, murah dan enak. Ya udah aku sih terserah aja.

Dua roda meluncur ke tempat tujuan, tapi lagi2 urusan sama Pak Pol padahal tadi udah Piss. Ternyata adikku tanpa sadar melanggar rambu over boden padahal cuman dikit. jangan panik bro…tenang aja. Waktu dua roda masih melaju tiba-tiba disamping ada orang asing yang mencoba menghentikan laju roda dua, eh ternyata Pak Pol mencari mangsa..

Pak POl : “ Selamat siang pak (sambil posisi hormat), anda tau nggak anda melanggar lalulintas tadi “

Saya : “ Enggak pak, mang knapa pak??”

Pak Pol : “ Coba lihat SIM dan STNKnya, ayo ikut saya nanti biar diterangkan di sana “ blab la bla…

Aku lihat adikku agak panik, ku coba tenangkan dia. Tenang aja bro paling cuma nyari duit.

Wah tadi udah dipalak sekarang mau dipalak lagi….. Dan ternyata memang betul, setelah sampai di kandangnya…

Pak Pol : “Begini mas anda melanggar pasal blablabla..tentang lalulintas, kami buatkan surat tilang nanti anda datang ke sidang hari rabu dengan biaya denda 30 ribu “

Saya : “ Wah nggak bisa pak soalnya surat ini nanti mau di bawa ke Jakarta untuk di pajakkan”

Pak pol : “ kalo enggak nanti bisa di wakilkan dengan biaya denda yang sama nanti surat langsung bisa di bawa”

Saya : “ udah pak 20 ribu aja hehehe.. mencoba untuk menawar”

Pak Pol : “ (sambil memalingkan muka) wah gak bisa mas denda 30 ribu”

Dan akhirnya setelah adanya proses tawar menawar akhir ketemu nilai 25 ribu. Yah apa mau dikata daripada urusan semakin panjang, akhirnya dengan rasa tidak Ikhlas aku berikan 25 ribu dan surat kendaraan dikembalikan.

Wah baru sampai di jogja tadi pagi udah di palak pak Polisi 2 kali dengan total nilai 45 ribu.

Ya sudahlah jangan terlalu dipikirkan, oke bro abis menikmati soto Pak.TUR kita balik kos dan istirahat dulu baru nanti abis Zuhur kita lanjutkan perjalanan ke rumah Nenek di Klaten.

Jam menunjukkan jam 13.00 jogja saat itu mendung. Setelah usai zuhur dan packing untuk rencana ke merapi kita langsung meluncur ke tempa nenek. Sesampai disana langsung disambut dengan pelukan (hehe ni kebiasaan nenek kalo dah lama nggak ketemu) Alhamdulillah keadan beliau sehat2 saja.

Tiba2 sms berbunyi, ternyata dari sobat topik. Ternyata dia juga ingin ikut ke merapi.

Topik : “Nanti kumpul di kampus d3 ya.. brangkat dari jogja wae “

Saya : “Wah kejauhan pik aku brangkat dari klaten aja nanti sore habis dari tempat nenek, kalo nggak ketemu di basecamp aja piye?”

Topik : “ yo wis kalo gitu aku ke klaten aja kita berangkat dari sana”

Saya : “ok.. boss nanti kalo udah sampai klaten informasi ya .”

Sabtu Jam 15.00 hujan mulai turun di klaten dan jogja, sobat topic memastikan jadi nggak ke merapi, aku bilang planning tetap berjalan bro.. kalo gak jadi ikut aku mo naek ma adikku ber 2. Akhirnya sobat topik langsung meluncur dari jogja ke klaten..

Jam 16.30 hujan mulai reda walau sempat menyiutkan nyali tuk tracking ke merapi.. sobat topik sudah sampai di klaten, langsung saja aku berpamitan sama keluarga nenek. Ok bro kita mulai petualangan ini…..

Bersambung….

Ke jogja (Part 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TiNgGalKaN JEJAKmu dIsiNi soBaT ...

Kajian.Net
Koleksi Ceramah Islam MP3