28 Jul 2009

Tracking Gn.Merapi 26 jul '09

Klaten, Sabtu 25 juli 2009 16.45 wib hujan udah mulai reda, telpon berdering. Sms dari sobat topik “ bos aku dah sampe klaten, km dimana?” , aku jawab “ hehe.. sori bos aku masih di rumah mbah, oke tunggu beberapa menit aku segera meluncur “. Bersama my bro ber2 meluncur ke bendogantungan klaten tempat berkumpul ma sobat topik. Ok bro kita langsung ke basecamp aja lewat boyolali. Dari klaten ke basecamp bara meru merapi selo kira-kira 2 jam perjalanan dengan roda dua mampir di pom bensin boyolali.

jam 19.10 kita sampai di pasar selo, sebelum ke basecamp sebaiknya kita isi perut dulu bro… oke deh. Hmm.. enaknya makan apa neh? Tuh di depan ada warung soto kayaknya enak baget makan soto hangat2 di suasana yang dingin..

Soto sapi made in boyolali, mantab bro… sampe adik gw nambah 1 mangkok lagi hehehe.. setelah dirasa perut sudah terisi kita langsung ke basecamp

Dibasecamp udah banyak para pendaki, kebanyakan dari jogja mereka dah siap2 tuk naek. Sekarang Jam berapa pik?? Jam 20.15. Kita buat planning brangkat nanti malam jam setengah satu, karena kita nggak bawa perlengkapan buat ngecamp. Aku Cuma bawa ponco sama flysheet buat antisipasi hujan dijalan.

Setelah sholat isya’ ngapain ya bro.. hehehe.. sing paling penak yo tidur bos, soalnya dari tadi pagi belum sempat istirahat. Pasang alarm minggu jam 00.30. lets start tracking merapi mount.

Start dari base camp jam 00.30

Angin dan kabut tebal setia mengiringi perjalanan membawa bintik air, jarak pandang 5-10 m. setelah jalan kurang lebih 1 jam kita sampai di pos patok 1, dari situ terlihat pendaki lain lagi buat api unggun. Wah lumayan mampir bentar sambil ngobrol2. Lanjut aja bro kita menuju pos patok 2 disana ada batu besar bias buat berlindung dari angin. Perjalanan kira2 1 ¼ jam sampai di pos 2 Jam 02.55. istirahat dulu bro kita keluarkan logistik.

Jarak ke pos pasar bubrah kira-kira ¾ jam lagi. Ya udah kita tidur dulu aja lagi nanti kita lanjutkan perjalanan jam 04.00. masih ada waktu 1 jam buat tidur. Dengan beralaskan ponco dan beratap flaysheet akhirnya tertidur pulas.. tak lupa seting alarm jam 4 pagi.

Alarm berbunyi. Ok kita menuju pos pasar bubrah mengejar sunrise.. tapi kabut dan angin waktu itu masih saja tebal.

Alhamdulillah kita sampai sesuai skedule, ku kumandangkan Adzan subuh (my fist adzan in the montain) di antara memorium sebelum pos pasar bubrah, kmudian berjamaah subuh. Cuaca masih tetap sama angin dan kabut tebal , berharap kabut segera menyingkap dan k ubayangkan sinar mentari pagi terlihat. Kebetulan waktu itu ada 3 warga newzeland belanda tracking ke merapi, sambil menunggu pagi kami berbincang2 seputar asal usul dan tentang kesukaannya naik gunung ternyata mereka juga pernah berkunjung ke merapi 2 tahun yang lalu, dan rencnanya minggu depan mereka akan berkunjung ke Maluku. Ternyata merapi menyimpan keindahan yang eksotik banget bayak warga asing yang berkunjung ke sini.

Kali ini ku coba menelusuri melihat puncak merapi dari beberapa sisi.

Mencoba melihat sunrise dan kubah merapi dari sisi kiri mendaki puncak bukit kendil, yaitu pasar bubrah jalan ke kiri mengikuti jalur.. tapi ditunggu sampai jam 06.30 kabut belum juga reda. Dan akhirnya tanpa membuang waktu kita langsung tracking ke puncak aja. Ok bro..

Pasar bubrah 07.00 wib masih berkabut.






Tracking kubah menuju puncak






Merbabu mulai terlihat






Melihat kawah merapi dari dekat






Lawu background






My younger bro ( kawah mati background)






Puncak garuda






sobat Topik in action






more picture...

Jam 09.00 kita turun bro, nanti sore aku langsung balik Jakarta senin dah masuk kerja. Turun dari puncak sampai basecamp 2 ½ jam. Sampai basecamp jam 11.30. bersih2 badan kemudian sholat zuhur dan turun sesuai dengan rencana kemarin kita mo nyoba sate kambing di pasar selo. Wah saking lapernya makan dengan lahap. Jam 13.00 kita mulai meluncur dengan 2 roda ke jogja lewat boyolali. Sampai jogja jam 15.00 ternyata turun lebih cepat ya?? Ya iyalah. Langsung ke kosan adik di jogja. Lihat hasil cepretan dan sobat topik minta burn. Jam berlalu begitu cepat Jam 16.00, wah aku harus beli tiket neh. Beli tiket senja utama dari st.tugu jogja. Berangkat dari jogja jam 18.30 sampai di jati Negara jam 03.50. langsung meluncur ke kosan teman paginya masuk kerja… uh.. cape bgt badan ni. Alhamdulillah semua berjalan sesuai rencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TiNgGalKaN JEJAKmu dIsiNi soBaT ...

Kajian.Net
Koleksi Ceramah Islam MP3